Senin, 24 September 2012

Screaming Factor


    Members:
    - Novi Andryanto [vocals]
    - Nanang Choirudin [guitars]
    - Nur Cahyono [guitars]
    - Satrio Utomo [drums]
    -Hari Susanto [bass].
    Hometown : Malang ID
    Screaming Factor [SF] dibentuk di kota Malang pada bulan Maret 1997 dengan formasi awal Evi [vokal], Harry [vokal], Yoyok [gitar], Andre [bass], dan Lucky [drum]. Di awal karirnya, konsep musik SF lebih kepada oldschool hardcore/punk, dan sering mengkover lagu-lagu asing milik Sick Of It All, 25 Ta Life, atau Vision of Disorder. Pada tahun 1999, SF merilis singel pertama yang bertitelWe Born In Pain untuk album kompilasi lokal bertajuk For The Truth [Youth Frontline records]. Lalu di awal tahun 2000, mereka kembali merekam singel yang berjudulWake Up. Singel ini masuk dalam kompilasi With Pain We Born [Never End records].
    Setelah sempat vakum dan mengalami beberapa pergantian personil, akhirnya SF dalam formasi Novi [vokal], Udin [gitar], Yoyok [gitar], Adon [bass] dan Ayok [drum] kembali merekam demo lagu The Fire That Burns In My Heart di studio Nero [Malang]. Lagu ini masuk dalam sampler CD Solidrock Magazine 3 [2004] dan menjadi soundtrack film independen yang berjudul Jana [2005]. Di penghujung tahun 2005, SF akhirnya merilis debut album di bawah label Fukyu Records. Rilisan self-titled itu dipasarkan ke seluruh Indonesia melalui jalur independen, dan meraup respon publik yang lumayan positif. Sejak album ini, musik mereka sedikit ada pengaruh ke arah metalik. Aransemennya menjadi lebih kompleks dan progresif. Intensitas punk/hc yang liar menyambut nuansa rock-metal, mathcore, metalcore, sampai post-hardcore. Singel berjudul The Fire That Burns In My Heart juga sempat masuk dalam kompilasi nasional, Cadas Tanpa Batas [Dapross Records, 2007]. Majalah TRAX dalam edisi metal issue [Januari 2006] menempatkan mereka sebagai salah satu dari 15 band lokal Indonesia yang mampu mendefinisikan heavy metal di abad 21.
    Novi dkk telah melewati berbagai jenis dan skala pertunjukan musik di kota Malang, Sidoarjo, Surabaya, Blitar, Jogja, sampai Denpasar. 
           Personil Screaming Factor
    Mereka juga sudah berbagi panggung dengan Extreme Decay, Keramat, Antiphaty, Primitive Chimpanzee, Begundal Lowokwaru, Brigade 07, Breath of Despair, Crucial Conflict, Moment of Pain, Mortal Combat, Hands Upon Salvation, /RIF, Burgerkill, Beside, Seringai hingga Efek Rumah Kaca. Paska proses rekaman materi musik terbaru di awal tahun 2008, Adon [bass] keluar dari band dan posisinya digantikan oleh Harry [eks Kimono]. Setelah sempat jadi opening act dalam konser band asing seperti SOL [Jerman] dan Ingrowing [Ceko], Screaming Factor kembali dipercaya membuka konser Walls of Jericho [USA] di kota Malang.
      Pada pertengahan tahun 2008, SF melepas mini album bertajuk Welcome Pieces yang dirilis secara digital melalui ReloadYourStereo, sebuah proyek netlabel milikApokalip.com. Hingga kemudian kiprah SF mulai dilirik oleh publik dan media nasional. Majalah Rolling Stone menyebut mereka sebagai salah satu Bands To Watch dalam rubrik khusus Malang Rock Trip [edisi Februari 2009]. Novi dkk juga sempat terpilih sebagai salah satu band cadas Indonesia yang diulas dalam majalah Hai Star edisi Metalcore – di mana lagu singel Welcome Piecesjuga masuk dalam CD sampler edisi majalah tersebut. SF lalu bergabung dalam proyek kompilasi Tribute To Koil ; Kami Percaya Kaupun Terbakar Juga yang diproduksi oleh Bakar Kolektif [Bandung] dan dirilis secara digital oleh RYS/Apokalip pada bulan Juni 2009. Di album kompilasi tersebut Novi dkk mengusung lagu lawas Koil yang berjudul Ini Semua Hanyalah Fashion. Saat ini SF sedang menyiapkan materi musik terbaru untuk karya rekaman yang rencananya bisa dirilis secepatnya.

    Video dari Screaming Factor :


    Screaming Factor In The Studio

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar